SABA SAKOLA

Dishub Saba Sakola bersama Taruna PKTJ di SMAN 2 CIAMIS


Tingginya angka kecelakaan lalu lintas sudah tidak asing lagi terdengar di kalangan masyarakat Indonesia. Angka kecelakaan lalu lintas Indonesia yang termasuk tinggi di kalangan ASEAN yaitu sekitar 28 – 30 ribu jiwa meninggal akibat kecelakaan menjadi PR tersendiri bagi pemerintah untuk mengatasinya.
Banyak upaya pemerintah untuk mengatasi tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi di kalangan pelajar seperti yang sudah dilakukan oleh DISHUB Ciamis yang pada kesempatan kali ini di temani oleh Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal yang sedang melakukan PKP (praktek kerja profesi) di Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis selama tiga bulan. Dalam sosialisasi ini juga turut serta diramaikan oleh Komunitas Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Kabupaten Ciamis.
Pada kesempatan kali ini sosialisaati bertajuk DISHUB Saba Sakola dibawah pimpinan Drs. Achmad yani, Msi. mengunjungi SMAN 2 Ciamis. Sosialisasi yang kekinian dan pastinya sangat menarik dengan dilengkapi video-video kecelakaan ini, menambah antusias pelajar SMAN 2 Ciamis untuk mengikutinya.

Diar Wardhana S.SiT sebagai penyuluh dr Dishub Kab. Ciamis pada kesempatan kali ini menyambaikan berbagai materi yang akan menggugah kesadaran siswa dalam berkendara yang berkeselamatan, diantaranya yaitu keterlibatan jenis kendaraan dalam kecelakaan dengan skala nasional dan faktor penyebab ternyadinya kecelakaan mulai dari manusia, kendaraan, jalan, dan cuaca serta lingkungan.
Tidak hanya itu penyuluh juga menyampaikan budaya selamat berlalu lintas yang di dalamnya berisi tentang tips berkendara yang berkeselamatan 4 sehat 5 selamat. 4 sehat adalah satu sehat fisik pengemudi, dua sehat kendaraannya, tiga sehat navigasi (pengetahuan perambuan), empat sehat budaya berlalu lintas dan lima selamat jangan lupa berdoa.

Selain sosialisasi ada juga game interaktif yang bersangkutan dengan keselamatan transportasi jalan. Pada kesempatan kali ini pula tim saba sakola juga menghadirkan instruktur berpengalaman dalam pengenalan menghafal cepat bapak dede sundara yang akan melatih keseimbangan otak kanan dan kiri siswa. Hal ini juga dimaksud agar siwa mengdapat teknik menghafal lebih mudah dan menarik.

Menarik kan dishub saba sakola?? Mau seperti sma 2 kab.ciamis?? Gampang sekali. Buat sekolah yg berminat dan tertarik utk dikunjungi Tim dr Dishub Saba Sakola, silahkan mengirimkan surat ke Dishub Ciamis tanpa dpungut bayaran apapun….. *bersama selamatkan anak bangsa*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *