AKSI DISHUB PKB

DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN CIAMIS BERSAMA PT. GR GELAR PEMBINAAN KESELAMATAN AWAK ANGKUTAN DI PT. GAPURANING RAHAYU


Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan, pada hari ini Kamis, 22 Februari 2018 Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis melakukan pembinaan kepada awak atau crew perusahaan bus PT. Gapuraning Rahayu (PT. GR).
Menurut Yudi, Manajer Pelayanan PT. GR, pelaksanaan ini memenuhi undangan dari manajemen PT. GR dalam upaya menekan angka kecelakaan bus GR. Dalam pelaksanaannya, bimbingan ini di hadiri oleh lebih dari 60 orang peserta. Peserta mayoritas dari pengemudi dan crew dari bus GR.
Narasumber sendiri didatangkan dari Dishub Kabupaten Ciamis dan Polres Ciamis, dengan narasumber atas nama Edy Yulianto selaku Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan selaku Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis yang didampingi oleh Yosep dan Taruna Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal dan Aipda A. Supriatna selaku Kepala Unit Lantas Polres Ciamis.
Materi yang diberikan merupakan materi keselamatan dengan tips empat sehat lima selamat yang meliputi:
1. Sehat jasmani rohani, dimana pengemudi tidak diperbolehkan dalam keadaan dipengaruhi oleh obat-obatan.
2. Sehat kendaraannya, jadi sebelum berangkat, kendaraan wajib diperiksa kembali. Pemerikasaan dimulai dari kondisi sistem rem, kemudi, lampu-lampu, mesin serta suspensi.
3. Sehat pengetahuan navigasi, pengemudi harus paham dengan pengaturan lalu lintas, rambu dan marka jalan.
4. Sehat budaya tertib lalu lintas, harus menghormati pengguna jalan lainnya terutama pejabat pejalan kaki, mengurangi kecepatan saat memasuki persimpangan, dll.
5. Sehat, sebelum memulai perjalanan dibiasakan untuk berdoa dan akan lebih baik bila penumpang juga diajak berdoa bersama.

Sementara dari Kabid Angkutan menyampaikan bahwa pengemudi yang baik apabila pada saat dibelakang kemudi harus sangat mengjaga keselamatan diri sendiri, penumpang, perusahaan dan orang lain. Selain itu perusahaan modern adalah tidak hanya memikirkan menghemat pengeluaran misalkan pada penggunaan suku cadang yang palsu, tetapi perusahaan yang modern haruslah mengoptimalkan pendapatan.
Terkait dengan hal itu, meningkatkan perusahaan yang modern juga diharapkan mampu mengurangi optimalisasi pendapatan bagi perusahaan. Dan H. Rony pemilik PT Gapuraning Rahayu menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilakukan dengan rutin minimal sebulan sekali. Dimana kegiatan ini sebagai bentuk Sistem Manajemen Keselamatan di Perusahaan Gapuraning Rahayu.
Keselamatan harus diutamakan terutama bagi seluruh awak bus Gapuraning Rahayu karena dari pihak awak bus sendiri tidak membebankan pada pengejaran setoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *