LALU LINTAS PKB

DISHUB Kab. Ciamis Bersama Taruna PKTJ Tegal Gelar Pelaksanaan Ramp Check Kendaraan Angkutan Pariwisata Menjelang Libur Panjang Nasional di Kabupaten Ciamis

Menurut undang-undang nomor 22 th 2009, kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda.

Dalam rangka mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan keselamatan lalu lintas khususnya pada kendaraan, maka Dishub, Polres dan Jasa Raharja di Kabupaten Ciamis melakukan kegiatan operasi gabungan. Dimana Dishub berperan pad kegiatan Ramp Check angkutan bus pariwisata berdasarkan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat nomor:SK.523/AJ.402/DRJD/2015 tentang pedoman pelaksanaan inspeksi keselamatan lalulintas dan angkutan jalan bidang angkutan umum dengan fokus pada administrasi, teknis, dan penunjang.
Unsur administrasi tersebut meliputi SIM umum, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), dan kartu pengawasan. Sedangkan, unsur teknis mencakup pada sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan. Dan unsur penunjang, yang akan diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.
Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi yang diberikan berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi. Sedangkan pada pelanggaran unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang.
Berlokasikan pada 3 tempat yaitu Jembatan Timbang, Sukahaji dan Cikoneng, diharapkan mampu meningkatkan keselamatan di Kabupaten Ciamis. Khususnya pada angkutan umum dan angkutan penumpang.
Dimulai dari persiapan Ramp Check kendaraan pada angkutan pariwisata dilakukan dilakukan diskusi dengan perusahaan angkutan umum serta pembagian tugas.

Gambar Diskusi Pelaksanaan Ramp Check
Kemudian dilakukan administrasi kendaraan yang meliputi SIM umum, STNK, surat tanda uji kelayakan (STUK), ijin trayek dan kartu pengawasan. Dimana pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kelengkapan maupun kepatuhan pemilik angkutan umum tentang surat-surat kendaran, dan bentuk tindakan langsung bagi pelanggar oleh kepolisian.

Pemeriksaan pada teknis kendaraan yang mencakup pada sistem penerangan, sistem pengereman, serta kelaikan ban depan dan ban belakang kendaraan dilakukan beberapa anggota Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis yang terabung dalam operasai tersebut.. Pemeriksaan teknis kendaraan tersebut diharapkan dapat mengetahui kelaikan komponen kendaraan agar bisa berjalan sesuai fungsinya, sehingga kenyamanan dan keselematan penumpang terjamin.

Gambar Pengecekan Teknis Kendaraan dan Penunjang Kendaraan
Tidak kalah penting terhadap penunjang kendaraan yang diperiksa adalah pengukur kecepatan (spidometer), sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), juga kaca spion dan klakson.

Gambar Pengecekan Penunjang Kendaraan
Pelaksanaan Ramp Check yang dimulai pada hari Senin, 19 Februari 2018 sampai dengan Sabtu, 24 Februari 2018 terdapat kurang lebih 1546 kendaraan yang diperiksa oleh petugas Dinas Perhubungan. Dan ditemukan 93 pelanggaran, antara lain :
a. Izin trayek tidak sesuai
b. Surat ijin KIR tidak sesuai
c. Jumlah tempat duduk tidak sesuai dengan ketentuan
d. Kondisi ban halus bekas vulkanisir
e. Terdapat kendaraan dengan karoseri baru, tetapi menggunakan sasis lama.
Adapun pasal 288 (3) jo pasal 106 ayat 5 huruf c “kendaraan bermotor wajib uji tidak dilengkapi dengan surat keterangan ujo berkala atau (masa uji habis berlaku) akan dikenakan denda sebesar Rp 160.000,00 untuk kendaraan umum Rp 140.000,00 untuk kendaraan barang dan Rp 200.000,00 untuk bus. Sedangkan pasal 308 huruf a jo pasal 173 ayat 1 huruf a “kendaraan bermotor umum tidak memiliki izin menyelenggarakan angkutan orang dalam trayek dan atau (izin trayek habis masa berlaku) akan dikenakan denda sebesar Rp 150.000,00 dan Rp 200.000,00 untuk bus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *