AKSI DISHUB KOMUNITAS SABA SAKOLA

DISHUB SABA SAKOLA RAMAIKAN SMA N 1 SINDANGKASIH

Melihat kondisi sekarang baik diberbagai media elektronik maupun media cetak banyak sekali terjadi kecelakaan lalu lintas, dan sebagian besar yang terlibat adalah masyarakat pada rentang usia produktif. Maka sudah selayaknya perlu dilakukan upaya penanggulanganannya.
Berdasarkan gambaran di atas dan berkaitan dengan hal tersebut telah dikeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan Pemerintah Kabupaten Ciamis telah menyelenggarakan suatu kegiatan “ DISHUB SABA SAKOLA” yang berisi tentang sosialisasi keselamtan lalu lintas dan angkutan jalan guna menekan tingginya angka kecelakaan terutama usia produktif. Kegiatan ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan sosialisasi keselamatan yang dilakukan oleh Dishub Kab.Ciamis sebagai agenda rutin.

Pada kesempatan kali ini Dishub Saba Sakola ditemani oleh taruna PKTJ mengunjungi SMA N 1Sindangkasih. Seperti biasanya kegiatan ini tidak monoton sosialisasi keselamatan namun ada beberapa penampilan ekstrakulikuler dari SMA N 1 Sindangkasih yaitu penampilan dari Tim Pramuka, tim Tari dan tim Paskibra. Dan kami akui luar biasa penampilan ekstrakulikuler dari SMA N 1 Sindangkasih untuk itu kamiberikan sertifikat kepada ke-tiga ekstrakulikuler tersebut sebagai bentuk penghargaan. Tidak lupa pula sertifikat kepada Kepala Sekolah yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan saba sekolah ini.


Sekretaris dinas perhubungan Kab. Ciamis H. Edy YuliantoA.TD, MM. sebagai penyuluh atau praktisi tingkat nasional menyampaikan tentang berkendara sepeda motor yang berkeselamatan yaitu kelengkapan kendaraan mulai dari rem, spion,lampu utama, lampu sign maupun lampu belakang yang tidak diperbolehkan diganti warna. Pada kesempatan ini pula beliau mengajarkan berkendara yang aman dan selamat mulai dari pemakaian helm SNI dengan tips 3P yaitu pilih, pasang dan pastikan berbunyi klik kemudian penggunaan jaket yang berwarna terang, sarung tangan, masker, sepatu menutup mata kaki dan pemakaian celana maupun rok yang berkeselamatan.

Selain sosialisasi keselamatan dan penampilan ekstrakulikuler terdapat pula tips menghafal cepat guna melatih keseimbangan otak kanan dan kiri dengan instruktur berpengalaman Dede Sundara. Serta tidak kalah menarik lagi guna menambah antusias siswa Dishub Saba Sakola menyiapkan tiket gratis masuk Sukahaji Waterboom selama SATU TAHUN bagi pemenang foto caption keselamatan baik yang foto di booth Dishub mapun tidak dengan like terbanyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *