Berita

PEMBINAAN TEKNIS PENYULUH KESELAMATAN

Pada Hari Senin Tanggal 24 Juni 2019 Bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Materi Keselamatan Yang pesertanya sebanyak 30 orang, yang terdiri dari Guru TK/RA/PAUD adapun Sambutan Pembukaan Bimtek Keselamatan Tahun 2019 yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Drs. ENDANG SUTRISNA, M.Si) yang secara langsung membuka Bimbingan Teknis Penyuluh Keselamatan Tahun 2019.

Berdasarkan Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan, Pemerintah Kabupaten Ciamis Telah Menyelenggarakan Kegiatan “Bulan Keselamatan Jalan Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2019”. Sebagai Kegiatan Rutin Tahunan di Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Kami (Dinas Perhubungan Kab. Ciamis) Melaksanakan Bulan Keselamatan Yang Telah dilaksankan selama Bulan April sampai dengan Juni, adapun Kegiatan Bulan Keselamatan Jalan yang dilaksanakan sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ciamis yang Ke-377.

Adapun hal-hal yang harus diketahui oleh Masyarakat pada umumnya dan Khususnya Masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis diantaranya:  

  1. Manajemen Keselamatan Berlalu Lintas.
  2. Jalan Yang Berkeselamatan.
  3. Kendaraan Yang Berkeselamatan.
  4. Manusia Yang Bersekelamatan 
  5. Penanganan Pasca Kecelakaan. 

dari 5 (lima) hal diatas merupakan Refleksi pentingnya Keselamatan bagi siapapun dan dimanapun, karena mewujudkan Keselamatan di jalan selain merupakan Prioritas juga tugas kita bersama.

Jika kita melihat kondisi sekarang baik diberbagai Media Elektronik maupun Media Cetak banyak sekali terjadi persitiwa Kecelakaan Lalu Lintas, dan sebagaian besar yang terlibat dalam Kecelakaan Lalu Lintas adalah Masyarakat pada rentang Usia Produktif, kondisi demikian merupakan suatu bentuk tantangan bagi Kita betapa meruginya seseorang yang menjadi korban Kecelakaan Lalu Lintas, oleh karena itu perlu dipahami bersama bahwa Keselamatan di Jalan bukanlah suatu kebetulan melainkan sesuatu yang dapat kita upayakan untuk bisa Kita wujudkan demi terciptanya kemajuan suatu bangsa, karena bangsa yang maju sangat ditentukan oleh Produktivitas peran Warga Negaranya.

Untuk itu Ilustrasi/Contoh tersebut menjadi Dasar betapa Pentingnya Mengutamakan Keselamatan Jalan. Kami (Dinas Perhubungan Kab. Ciamis) Senantiasa melakukan berbagai upaya mengajak semua pihak (masyarakat) agar menjadikan Keselamatan sebagai Budaya dan merupakan suatu kebutuhan, sehingga Kabupaten Ciamis sebagai Kabupaten Yang Berkeselamatan dapat diwujudkan, adapun upaya yang dimaksud adalah pengadaan “Bimbingan Teknis Materi Keselamatan”.  Kegiatan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan ini melibatkan rekan Guru-Guru TK/RA/PAUD karena untuk membudayakan keselamatan harus dapat Kita terapkan sejak Usia Dini.

Kegiatan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan ini kiranya dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian Kita kepada sesama, karena kemajuan Bangsa Indonesia yang kita cintai ini terletak pada Kuantitas dan Kualitas Generasi penerus, yaitu Anak Cucu Kita, oleh sebab itu mari kita berikan mereka bekal Pengetahuan yang baik, yang berorientasi kepada Kemanusian seperti halnya Kegiatan Bimbingan Teknis Keselamatan. oleh karena itu Bapak dan Ibu Yang mengikuti Bimbingan Teknis Keselamatan adalah Mitra Dinas Perhubungan dalam Hal Mensosialisasikan Keselamatan Kepada Anak Didik, baik di ruang kelas ataupun diluar ruang kelas, dan diharapkan bisa menumbuhkan Empati ( keinginan untuk menolong sesama), guna dapat menyelamatkan orang lain bila terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, akhir kata semoga apa yang Bapak/Ibu Terima Selama Bimbingan Teknis Keselamatan dari pembicara/pemberi materi  bisa memberi manfaat untuk semua pihak dan bisa di Aplikasi/diterapkan baik di kehidupan sehari-hari, mengajar dan saat berkendara di Jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *